Wednesday, May 20, 2009

Code Switching and Code Mixing: Es Campurnya Bahasa (5)

Mari membayangkan es buah PK atau es teller 77…. Enak gak? Uenak tenan. Semakin banyak buahnya semakin enak. Mau buah apa saja? Gimana nyampurnya? Kenapa harus dicampur?

Nah dalam diglossic atau polyglossic speech communities, bahasa itu seperti semangkuk es buah. Kalau diglossic ya buahnya dua jenis nangka dan nanas, Kalau polyglossic, ya buahnya macam-macam. Dalam satu ujaran ada banyak bahasa, ini code switching(CS), kalau dalam satu kata ada dua unsur bahasa itu code mixing(CM) misalnya: ngupload, ndownload, ngeprint, facebookan, dll. Tapi ada juga yang tidak membedakan CS dan CM alias pada baen.

Jenis Code Switching
Nah kayak resep membuat es buah, tiap pejual kan lain-lain nyampurnya. CSpun begitu, ada beberapa jenis Hampir di semua tempat di Indonesia orang suka banget dengan eS Campur alias CS. Dari Jogja ke Madura, Bali, Kalimantan, Lampung mereka suka es campur dengan nuansa buah local.

Nah ini contoh-contoh CS dari Koran-koran lokal


Aroma lokal apa yang muncul di koran-koran itu. di Jogja ada bahasa Jawanya, Bali, Banjarmasin, dan Lampung sami mawon. Bahkan ada campuran dari Bahasa Inggris, Arab, dan Sangsekerta. Jadi es campur a.k.a. Code Switching itu memang gak bisa dihindari. Cara mencampurnyapun macam-macam.

Maka Sebenarnya jenis CS bisa dibagi jadi 6.
(1) nyampurnya sebagian atau CM
(2) Nyampurnya kata atau word saja
(3) Nyampurnya phrase
(4) Nyampurnya clause
(5) Nyampurnya sentence
(6) Nyampurnya satu discourse atau biasa di bilang diglossic switch

Alasan Code Switching
Sama seperti orang buat es campur, alasannya ada banyak. Ada yang bilang biar warnanya asyik, ada yang bilang biar rasanya asyik, ada lagi yang bilang biar vitaminya lengkap. Nah kalau CS alasannyapun macam-macam. Antara lain untuk nyombong atau bergaya; untuk menunjukkan jape methe alias solidaritas; atau untuk mengutip biar persis aslinya.

Semester ini saya ngajar sosiolinguis-chic dengan project-based approach, jadi ada banyak paper yang asyik-asyik dari tugas mahasiswa. Juga ada 7 mahasiswa skripsi yang menggarap CS, jadi ada seri 2 untuk CS.

Jogja panas hari ini…jadi minum es campur dulu…..

2 comments:

  1. bisa minta alamat email atau no.handphonex..?? sya sgt tertarik article tentang penelitian code switching yg dilakukan oleh 7mahasisiwa..

    ReplyDelete
  2. u can replay my comment at facebook "dhewy magfirah"
    thanks before...

    ReplyDelete